Wasiat Imam Al-Wadi'i Untukmu Wahai Salafy

::: WASIAT IMAM AL-WADI'I UNTUKMU WAHAI SALAFY :::

Oleh: Asy-Syaikh Abul 'Abbas Yasin bin 'Ali Al-'Adeny حفظه الله

✹✹✹

بسم الله، و الحمد لله، و الصلاة و السلام على رسول الله، وعلى آله و صحبه ومن والاه.

Amma ba'du: tidak tertutup lagi bagi seorangpun tentang kebencian Al-Imam Al-Wadi'i yang keras terhadap hizbiyyah, hingga beliau rahimahullah pernah berkata:

Dan pemuda-pemuda muslim membutuhkan kepada pengasuhan, aku nasehatkan kepada mereka semua - bukanlah nasehat ini ditujukan bagi ikhwah yang berada di Afghanistan saja, akan tetapi nasehat ini untuk para pemuda kaum muslimin: -nasehat itu adalah- untuk menjauhi dari hizbiyyah, karena sesungguhnya adalah sifat Jahiliyyah yang baru muncul kembali, selesai penukilan dari “Maqtalu Asy-Syaikh Jamilur Rahman Al-Afghaniy ” (hal : 15)


Asy-Syaikh Muqbil -rahimahullah- menjadikan hizbiyyah sebagian dari perkara-perkara JAHILIYYAH

Juga beliau Syaikh kami -rahimahullah- dahulu merupakan orang yang keras dan banyak memperingati ummat dari penyimpangan hizbiyyah di sela-sela pelajaran-pelajarannya, dan muhadhoroh-muhadhorohnya.

Bahkan beliau mendirikan sebagian anak-anak balita pada suatu pelajaran dan menanyakannya tentang hizbiyyah, juga tentang Zindany... , sehingga beliau mendidik mereka di atas manhaj (methode) yang murni sejak mereka kecil.

Sekarang sebagian orang yang menggabungkan dirinya kepada salafiyyah -dia mengira- bahwa di negri kita Yaman mereka orang-orang tua tidak diberitau -terutama yang kecil- dari murid-murid mereka mengingatkan dari penyimpangan hizbiyyah, akan tetapi mereka mendidik murid-murid mereka di atas cara tamayyu' (lembek) dan taqlid buta kepada mereka. Dan siapa saja yang menyelisihi mereka atau mengkritik mereka mereka tahdzirnya dari orang yang menyelisihi atau mengkritiknya, dan mereka mencelanya.

Mereka memindahkan untuk mematikan manhaj (cara) dan jalan yang ditempuh oleh Al-Imam Al-Wadi'iy -rahimahullahu ta'alaa- yaitu dengan mengaitkan -kedustaan dan kepalsuan- cara dakwah mereka kepada Al-Imam Al-Wadi'iy.

Dan apa yang telah kita dengar pada akhir-akhir ini dari sebagian mereka: bahwa Al-Imam Al-Wadi'iy pernah mewasiatkan agar memperingati dari hizbiyyah sekilas saja dan tidak dijadikan topik utama.

Maka dengarlah -wahai orang berkata demikian- apa yang diwasiatkan oleh Al-Imam Al-Wadi'iy agar kamu mengetahui kedustaan mereka:

Berkata Al-Imam Al-Wadi'iy:

أنصح العلماء والدعاة إلى الله من أهل السنة أن يجدوا ويجتهدوا في التحذير من الحزبية المشؤومة التي فرّقت شمل المسلمين ويكون التحذير على الاستمرار لأن عمل النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم كان دِيْمة.

“Aku nasehatkan para 'ulama dan para du'at ilaallah dari kalangan Ahlus Sunnah untuk bersungguh sungguh dan berusaha keras dalam memperingati penyimpangan yang ada pada hizbiyyah yang malang yang telah memecah kelengkapan kaum muslimin dan jadikanlah tahdzir tersebut secara terus-menerus karena Nabi -Shallallahu 'Alaihi Wasallam- mengingatkan dari penyimpangan secara terus-menerus”, selesai penukilan. [Dari "Maqtal Asy-Syaikh Jamilur Rahman Al-Afghaniy” (hal. 4)]

Dari sini Syaikh kami mengisyaratkan kepada hadist yang dikeluarkan oleh Imam Bukhori (1987), dan Imam Muslim (783) dari 'Alqomah, ia berkata: aku pernah bertanya kepada ummul mukminin 'Aisyah -radhiyallahu 'anha- berkata: aku berkata: "wahai ummul mukminin bagaimana pekerjaan yang Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam-? Apakah beliau mengkhususkan suatu pekerjaan dari setiap harinya?” 'Aisyah berkata: “ Tidak, akan tetapi pekerjaannya terus menerus, dan siapa saja dari kalian sanggup melakukan apa yang Rasulullah -Shallallahu 'Alaihi Wasallam sanggup lakukan.

Berkata An-Nawawi -rahimahullah-: kata (ديمة) - yaitu dengan mengkasrahkan huruf "د” dan mensukunkan "ي” - : yakni kontinuitas dalam melakukan serta tidak memutusnya, selesai penukilan.

✏_Ditulis oleh: (Asy-Syaikh) Abul Abbas Yasin bin 'Ali Al-'Adenya حفظه الله || Aden- Yaman.

Pada hari Sabtu, 2 Jumadal Awwal 1436 H.

------

وصية الإمام الوادعي لك أيها السلفي

بسم الله، والحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله، وعلى آله وصحبه ومن والاه.

أما بعد : فلا يخفى على أحد بغض الإمام الوادعي الشديد للحزبية، حتى قال - رحمه الله تعالى - : والشباب المسلم محتاجون إلى رعاية، أنصحهم جميعًا - ليست النصيحة للأخوة الأفغانيين، ولكن لجميع الشباب المسلم - : بالابتعاد عن الحزبية؛ فإن الحزبية تعتبر جاهلية حديثة .انتهى. من "مقتل الشيخ جميل الرحمن الأفغاني" ( ص : 15)

فجعلها - رحمه الله تعالى - من أمور الجاهلية.

وكان شيخنا - رحمه الله تعالى - شديد وكثير التحذير من الحزبية في دروسه، ومحاضراته.
 بل كان يُقيم بعض الأطفال في الدرس ويسأله عن الحزبية، وعن الزنداني ... ، حتى يُربّيهم على هذا المنهج الصافي من صغرهم.
واليوم بعض من ينتسب إلى السلفية - زعم - في بلادنا اليمنية لا يُعلمون الكبار - فضلاً عن الصغار - من طلبتهم التحذير من الحزبية، بل يُربّون طلبتهم على طريقة التميّع والتقليد الأعمى لهم. ومن خالفهم أو انتقدهم حذروا منه، وطعنوا فيه.
ويحاولون إماتة منهج وطريقة الإمام الوادعي - رحمه الله تعالى - وذلك بأن ينسبون - كذبًا وزورًا - طريقتهم إلى هذا الإمام.
 ومما سمعنا في هذه الأيام من بعض هؤلاء : أن الإمام الوادعي كان يوصي أن يحذر من الحزبية على الماشي !!.

فاسمع - يا هذا - ما يوصي به الإمام الوادعي لتعلم كذب القوم :

 قال الإمام الوادعي : أنصح العلماء والدعاة إلى الله من أهل السنة أن يجدوا ويجتهدوا في التحذير من الحزبية المشؤومة التي فرّقت شمل المسلمين ويكون التحذير على الاستمرار لأن عمل النبي - صلى الله عليه وعلى آله وسلم - كان دِيْمة .انتهى. من "مقتل الشيخ جميل الرحمن الأفغاني" (ص : 4).

يشير شيخنا إلى الحديث الذي أخرجه البخاري (1987)، ومسلم (783) عن علقمة، قال : سألت أم المؤمنين عائشة - رضي الله عنها – قال : قلت : يا أم المؤمنين كيف كان عمل رسول الله - صلى الله عليه وسلم - ؟ هل كان يخص شيئاً من الأيام ؟ قالت : لا. كان عمله ديمة، وأيكم يستطيع ما كان رسول الله - صلى الله عليه وسلم – يستطيع.

 قال النووي : (ديمة) - هو بكسر الدال وإسكان الياء - : أي يدوم عليه ولا يقطعه .انتهى.

✏ كتبه: أبو العباس ياسين بن علي العدني
اليمن – عدن.

يوم السبت الثاني من شهر جمادي الأول سنة 1436 هـ .

✲✹✲

Sumber: Majmu'ah Manhajul Anbiya' | Al-Ustadz 'Abdul Hakam Abu 'Ali حفظه الله

✒ Alih Bahasa: Abu Kuraib bin Ahmad Bandung حفظه الله - [FBF 1]

______________
مجموعــــة توزيع الفـــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | www.alfawaaid.net

Ulasan