Jangan Diam! Diam Itu Sendiri Fitnah

::: JANGAN DIAM! DIAM ITU SENDIRI FITNAH :::

Oleh: Asy-Syaikh 'Abdullah bin Shalfiq Azh-Zhafiriy حفظه الله

✹✹✹

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه، أما بعد:

Pada tanggal 27/4/1436 H, setelah dars Syaikh 'Abdullah bin Shalfiq az-Zhafiriyy hafizhahullah Ta'ala tentang Syarh Al'Aqidahy Al-Wasithiyyah di Masjid Dzun Nurain, aku menjelaskan kepada Syaikh fitnah yang terjadi pada kami, kondisi para fanatikus Abdurrohman Al-Adeny, dan orang-orang yang mengatakan bahwa kewajiban para pelajar dalam masalah fitnahy adalah diam dan menunggu hingga seluruh ulama berbicara dan menjelaskan duduk perkaranya dengan gamblang. Dan beliau menyifati kami (dalam penukilan kami terhadap pernyataan para ulama tentang Abdurrohman) sebagai sebuah usaha untuk menghadapi fitnah. Aku juga menjelaskan kepada beliau bahwa sebagian pelajar dari negeri Kenya tetap tinggal di Markiz Fiyusy.

Maka Asy-Syaikh hafizhahullah Ta'ala menjawab dalam rangka untuk menjelaskan:

اتركوا كلامهم، والسكوت هو الفتنة بعينها

TINGGALKAN UCAPAN MEREKA, DIAM ITU SENDIRI ADALAH FITNAH. Dan fitnah itu, jika dia pergi maka dia tidaklah pergi sendiri, sesungguhnya tiada lain pasti ada manusia-manusia yang pergi bersamanya. Lihatlah pada fitnah Al-Hajury, fitnah tersebut pergi dan membawa serta manusia-manusia.

Maka yang wajib adalah:
◈ hendaknya kalian menjelaskan kepada manusia,
◈ kalian peringatkan manusia dari mereka ini yang telah ditahzir oleh ulama,
◈ kalian nukilkan pernyataan para ulama tentang tahdzir terhadap mereka,
◈ tidak boleh diam, dan
◈ janganlah kalian menoleh/memperhatikan mereka ini.

Dan orang-orang yang ada di Fiyusy, sesungguhnya tiada lain mereka akan mengambil fitnah di sana dan akan membawanya ke negeri kalian.

Aku katakan: “Mereka telah melakukannya, ya Syaikh.”

Lalu beliau hafizhahullah berkata: “Mereka ini, jika telah kembali ke negeri kalian maka pisahkanlah mereka dari yang lain.”

Aku katakan: “Syaikhana, dua hari yang lalu, aku bertanya kepada Syaikh 'Abdullah Al-Bukhory: ‘Apa yang anda nasehatkan kepada mereka yang tetap berada di Fiyusy?’.” Lalu Syaikh Al-Bukhory mengatakan dalam rangka menjawab: ‘Apa yang akan aku nasehatkan? Hendaknya mereka keluar, Abdurrohman itu MAFTUN (terfitnah), Abdurrohman itu orang yang maftun. Dan tidaklah tetap tinggal di sisinya kecuali orang yang sejenis (semodel) dengan dia’.”

Kemudian ketika aku nukilkan kepada mereka pernyataan Syaikh Al-Bukhory hafizhahullah tersebut, dengan harapan semoga mereka akan puas dengannya dan tersadar dari kelalaian mereka, maka mereka menjawab: “Kalian ini, tidaklah kalian punya kesibukan kecuali hanya bertanya pada para ulama tentang masyayikh yang mereka telah ditazkiyah oleh para ulana! Sibukkanlah diri kalian dengan apa yang telah membuat kalian ke Madinah (yakni: menuntut ilmu, pent). Bacalah kitab-kitab panduan yang diwajibkan!”

Lalu Asy-Syaikh hafizhahullah berkata:

اتركوهم حذروا الناس عن هذه الفتنة وانقلوا كلام العلماء ولا تسكتوا

“TINGGALKAN MEREKA, PARA ULAMA TELAH MEMPERINGATKAN MANUSIA TENTANG FITNAH INI DAN NUKILKANLAH PERNYATAAN PARA ULAMA DAN JANGANLAH KALIAN DIAM.”

Kemudian aku meminta ijin kepada Asy-Syaikh untuk menukil ucapan beliau ini dan menyebarkannya. Lalu beliau mengijinkanku.

Ditulis oleh: Abu 'Utsman Nurain bin 'Utsman Al-Kainy

Al-Ustadz Abul Harits Muhammad Mushlih Al-Indunisy mengatakan: “Aku juga mendengarnya dari Asy-Syaikh , dan ketika itu aku di belakang si Penanya.”

Wallaahu A'lam

Sumber: Majmu'ah Manhajul Anbiya' | Al-Ustadz 'Abdul Hakam Abu 'Ali حفظه الله

------

الحمد لله، والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه،
أما بعد:

اليوم ٢٧\٤\١٤٣٦ بعد درس الشيخ عبدالله بن صلفيق الظفيري حفظه الله تعالى في شرح العقيدة الواسطية بمسجد ذي النورين، شرحت للشيخ الفتنة القائمة عندنا، وحال المتعصبين لعبدالرحمن العدني، والقائلين بأن واجب الطلاب في الفتنة أن يسكتوا وينتظروا حتى يتكلم جميع العلماء ويتبين اﻷمر جليا، ويصفنا في نقلنا لكلام العلماء في عبدالرحمن بالسعي في الفتنة، وأيضا بينت له أن بعض الطلاب الكينيين ﻻ زالوا في مركز الفيوش.

فقال الشبخ حفظه الله تعالى مبينا: اتركوا كلامهم، والسكوت هو الفتنة بعينها، والفتنة إذا ذهبت ما تذهب وحدها إنما يذهب معها أناس، أنظروا إلى فتنة الحجوري ذهبت وأخذت أناس، فالواجب أن تبيونوا للناس وأن تحذروا من هؤﻻء الذين حذر منهم العلماء، وأن تنقلوا كلام العلماء في التحذير منهم، وﻻ يجوز السكوت، وﻻ تلتفتوا إلى هؤﻻء. والذين في الفيوش إنما سيأخذون الفتنة هناك ويأتون بها إلى بلدكم.

▪ قلت: قد فعلوا يا شيخنا.

▫ فقال حفظه الله: هؤﻻء إذا رجعوا إلى بلدكم فارقوهم.

▪ قلت: شيخنا قبل يومين سألت الشيخ عبدالله البخاري، ماذا تنصح هؤﻻء الذين ﻻ زالوا في الفيوش؟ فقال الشيخ البخاري مجيبا: "ماذا أنصحهم؟ يخرجوا، عبدالرحمن مفتون، عبدالرحمن رجل مفتون، ولم يبق عنده إﻻ من هو على شاكلته. " فلما نقلت إليهم كلام الشيخ البخاري حفظه الله عسى أن يقتنعوا به ويفيقوا من غفلتهم، قالوا أنتم ما لكم شغل إﻻ أن تسألوا العلماء عن المشايخ الذين زكاهم العلماء! اشتغلوا بما أخذكم إلى المدينة، اقرأوا المقررات"

فقال الشيخ حفظه الله: اتركوهم حذروا الناس عن هذه الفتنة وانقلوا كلام العلماء وﻻ تسكتوا.

ثم استأذنت الشيخ بنقل كلامه ونشره، فأذن لي.

كتبه أبوعثمان نورين بن عثمان الكيني.

منقول

قال ابو الحارث محمد مصلح الاندنوسي: وسمعته أيضا من الشيخ وكنت خلف السائل

المصدر: مجموعة منهج الأنبيآء

✲✹✲

✒ Alih Bahasa: Abu Ishaq Solo حفظه الله - [FBF 6]

Muroja'ah: Al-Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh حفظه الله

____________
مجموعـــــة توزيع الفــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF] | alfawaaid.net

Ulasan