[Baru] Pujian Asy-Syaikh Abu Abdirrahman Yusuf Al-Makky Kepada Saudaranya Asy-Syaikh Hani Bin Breik

::: [BARU] PUJIAN ASY-SYAIKH ABU ABDIRRAHMAN YUSUF AL-MAKKY KEPADA SAUDARANYA ASY-SYAIKH HANI BIN BREIK حفظهم الله :::

✹✹✹

Berkata Asy-Syaikh Abu Abdirrahman Yusuf Al-Makki حفظه الله :

Demi Allah, demi Allah dan demi Allah, aku mengenal Syaikh Hany selama sekitar 20 tahun, dan beliau selalu menemani kami untuk menghadiri pelajaran-pelajaran dari Kibarul Ulama. Dan Allah mengetahui betapa sedikitnya kekokohan di atas manhaj salaf yang ditemukan pada sebagian penuntut ilmu jika dibandingkan dengan kekokohan yang ditemukan dalam diri Syaikh Hany, terkhusus dalam masalah sikap-sikap ketika menghadapi fitnah dan ketika goncangnya kaki-kaki.

Dan aku bersaksi atas hal ini ketika awal terjadinya fitnah al-Ma'riby pada waktu dimana kaki-kaki masyayikh kibar di Yamab goncang dan mereka ta'asshub pada al-Ma'riby, dan kami belum mendengar ucapan ruju' dari mereka hingga hari ini. Dan demikian pula dalam menghadapi fitnah al-Watsiqoh yang jahat، gagal dan merugikan.

Maka kesimpulannya adalah sikap-sikap Syaikh Hany itu terbimbing dan akhlaqnya mencukupi yang dengan akhlaq tersebut bisa memikat teman duduknya.

Tidaklah aku mengatakan ini karena ta'asshub pada Syaikh Hany. Usiaku lebih tua darinya. Tapi karena melihat pada serangan gencar nan agresif terhadap Syaikh Hany, aku menulis ini dan untuk yang pertama kali.

Dan hanya Allah-lah tempat meminta pertolongan. Seperti itulah yang kami ketahui, dan kami tidak lancang mendahului Allah dalam mentazkiyah beliau.

Ditulis oleh: Abu Abdirrahman Yusuf Al-Makky حفظه الله □□ Pada malam Ahad, 26 Robi'ul Akhir 1436 H.

Sumber: Majmu'ah Manhajul Anbiya □□ Al-Ustadz Abdul Hakam Abu 'Ali حفظه الله

✲✹✲

[جديد] ثناء الشيخ  أبو عبد الرحمن يوسف المكي - حفظه الله - على أخيه الشيخ هاني ابن بريك - وفقه الله للخير

والله وتالله وبالله أعرف الشيخ هاني منذ قرابة 20 سنة وهو ملازم معنا لدروس كبار العلماء ويعلم الله قل ما تجد في بعض طلبة العلم ما يوجد في الشيخ هاني من الثبات على المنهح السلفي ، وخاصة في مواقف الفتن وعند ززل الأقدام ، وأشهد على هذا عند بداية فتنة المأربي في الوقت الذي زلت فيه أقدام مشايخ كبار في اليمن وتعصبوا للمأربي ، ولم نسمع لهم تراجعا إلى يوم الناس هذا!! وكذلك في فتنة الوثيقة الجائرة البائرة الخاسرة .

فالخلاصة الشيخ هاني مواقفه مشرفه ويكفي أخلاقه التي يملك بها قلب جليسه ؛ لا أقول هذا تعصبا للشيخ هاني ، فأنا أكبر منه سنا ؛ ولكن نظرا للحملة الشرسة على الشيخ كتبت هذا وﻷول مرة .

والله المستعان  نحسبه كذلك ولا نزكيه على الله

كتبه : أبو عبد الرحمن يوسف المكي -حفظه الله -

ليلة الأحد ٢٦-ربيع الآخر - ١٤٣٦هـ

المصدر: مجموعة منهج الأنبيآء


✒ Alih Bahasa: Abu Ishaq Hidayat (Solo) حفظه الله - [FBF 6]

___________________
مجموعــــــة توزيع الفــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan