Ilmu yang luas dan kecerdasan yang besar saja tidak menjamin untuk bisa selamat dari terjatuh ke dalam jerat-jerat ahli bid'ah

::: ILMU YANG LUAS DAN KECERDASAN YANG BESAR SAJA TIDAK MENJAMIN UNTUK BISA SELAMAT DARI TERJATUH KE DALAM JERAT-JERAT AHLI BID'AH :::

::: SILSILAH KAIDAH-KAIDAH MANHAJIYYAH DAN PERINGATAN-PERINGATAN SALAFIYYAH :::
--[Lanjutan]--

Asy-Syaikh Al-'Allamah Rabi' bin Hadi Al-Madkholiy حفظه الله

〰〰〰






سلسلة القواعد المنهجية والتحذيرات السلفية

الشيخ العلامة ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله

فلما انتشرت كتب البدع في أوساط المسلمين ساء كثير من المسلمين ووقعوا في حبائل البدع، صار هذا معتزلي وهذا جهمي وهذا أشعري وهذا صوفي وهذا... وما بقي إلاّ قلَّة ممن يسلك مسلك السلف الصالح، في هذا الخضم الهائل من أهل البدع و العياذ بالله. ما السبب؟

السبب مثل هذه النظرية [أقرأ وآخذ الحق وأردُّ الباطل]، فيأتي يأخذ الباطل و يرد الحق.
فابن عقيل جبل من جبال العلم و الذكاء، بدأ يأخذ عن أهل البدع ، عن المعتزلة (بعض شيوخ المعتزلة)، حذَّروه!! تجاهل هذه التحذيرات، وركب رأسه وأخذ يأخذ عنهم فوقع في حلقة البدع والضلالات، ونشر هذا في كُتُبه، فجاءه تهديد من بعض الحنابلة بقتله، ثم -طبعاً- نصحه بعض الناس وهددوه فتاب و أناب و كتب توبته.

والشاهد إنه عنده علم غزير و عقل كبير و مع ذلك وقع في حبائل أهل البدع، لأنَّ العــالم قد يُخــدع بأهل البدع فيقع في الضلال، يقع في الضلال - بارك الله فيكم – وكثير منهم - ولا أريد أن أُسمي - انخدع في أهل البدع و ما يُظهرونه من الصلاح و الزهد فوقع في هوَّة البدع و الضلال.

وقد كان السلف من أمثال ابن سيرين - إمام من أئمة السُّنة - و أيوب السختياني من يعرض عليه من أهل البدع أن يقرأوا عليه آية من القرآن يقول :

"ولا نصف آية"،

ليه ؟ لأنه يفهم أن هذا يريد أن يُلبِّس عليه، ويتلو آية عليه ليستخرج منها شبهه، فيقول لا أسمع، لماذا تفعل هذا ؟ فيقول : "إنَّ قلبي ليس بيدي"، وأخاف على نفسي الفتنة.

_______________

Dan tatkala kitab-kitab bid'ah tersebar di tengah-tengah kaum muslimin maka menjadi buruk kebanyakan kaum muslimin dan mereka pun terjatuh ke dalam jerat-jerat kebid'ahan, jadilah ini seorang mu'tazilah dan ini seorang jahmiyyah dan ini seorang asy'ari dan ini seorang sufi dan ini...

Dan tidaklah tersisa kecuali sedikit saja dari orang-orang yang menempuh jalannya kaum salaf yang sholeh, ke dalam jurang yang mengerikan ini dari ahli bid'ah -wal 'iyadzu billah-.

☝Apa sebabnya?

Sebabnya ialah adanya pandangan seperti ini "AKU AKAN BACA DAN AKU AKAN AMBIL YANG BENAR DAN AKU AKAN TOLAK YANG BATIL", kemudian dia datang mengambil kebatilan dan menolak kebenaran.

Maka Ibnu 'Aqil adalah seorang "gunung" dari "gunung-gunung ilmu dan kecerdasan", dia mulai mengambil dari ahli bid'ah, dari mu'tazilah (sebagian syaikh mu'tazilah), yang telah mereka peringatkan!!

⚡ Beliau acuhkan tahdziran-tahdziran (peringatan-peringatan) ini, dan beliau kuasai kepalanya dan mulailah beliau ambil dari mereka maka beliau pun terjatuh ke dalam kubangan kebid'ahan dan kesesatan, dan beliau tebarkan ini di dalam kitab-kitabnya, maka datanglah ancaman dari sebagian (tokoh) Hanabilah untuk membunuhnya, kemudian -tentunya- sebagian manusia menasehatinya dan mereka mengancamnya maka dia pun bertaubat dan kembali (kepada kebenaran) dan beliau menulis pernyataan taubatnya.

Dan yang menjadi point nya ialah bahwa beliau memiliki ilmu yang luas dan kecerdasan yang besar namun kendati demikian beliau terjatuh ke dalam jerat-jerat ahli bid'ah, KARENA SEORANG ALIM TERKADANG TERTIPU DENGAN AHLI BID'AH SEHINGGA DIA TERJATUH KE DALAM KESESATAN, terjatuh ke dalam kesesatan -barokallohu fikum- dan kebanyakan dari mereka -dan aku tidak ingin menyebutkan nama- tertipu ke dalam ahli bid'ah dan apa yang mereka tampakkan dari kebaikan dan sikap zuhud sehingga dia terjatuh ke dalam jurang kebid'ahan dan kesesatan.

Dan sungguh kaum salaf semisal Ibnu Sirin -seorang imam dari para imam sunnah- dan Ayyub As-Sakhtiyani ketika ada orang ingin menunjukkan kepadanya dari kalangan ahli bid'ah hendak membacakan kepadanya sebuah ayat dari Al-Qur'an beliau katakan:

“Dan tidak setengah ayat”

Mengapa? Karena beliau faham bahwa orang ini menginginkan membuat pengkaburan pada dirinya, dan membacakan sebuah ayat kepadanya untuk bisa mengeluarkan dari ayat tersebut sebuah kerancuan pemikiran, sehingga beliau mengatakan aku tidak mau mendengar, mengapa Anda berbuat demikian?
Maka (Ayyub) mengatakan:

“Sesungguhnya hatiku bukan di bawah kendaliku”, dan aku takut atas diriku fitnah.

http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=125686&page=2

Alih bahasa: Al-Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh حفظه الله [FBF-2]

Semoga bermanfaat,..!!

بارك اللـــــــه فيــــــــكم،..

______________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan