Seorang Yang Telah Bertaubat Kemudian Terjatuh (Lagi) Kedalam Kemaksiatan ... Maka Apa Yang Semestinya Dia Lakukan?

::: SEORANG YANG TELAH BERTAUBAT KEMUDIAN TERJATUH (LAGI) KEDALAM KEMAKSIATAN ... MAKA APA YANG SEMESTINYA DIA LAKUKAN? :::

Oleh:  Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin رحمه الله

✹✹✹

Pertanyaan:
Yang Mulia Asy-Syaikh (Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin) , Saya adalah seorang pemuda yang telah bertaubat dengan taubat yang jujur walhamdulillah, Namun setelah beberapa waktu tiba-tiba saya terjatuh kedalam kemaksiatan lagi lalu sayapun bertaubat kemudian saya kembali  terjatuh lagi kedalam kemaksiatan tersebut lalu sayapun menyesal dan bertaubat dan demikianlah keadaannya, berilah saya faidah semoga Allah membalas anda dg kebaikan, Apa yang semestinya saya lakukan seiring permulaan tahun ini ?

Jawab:
Aku meminta kepada Allah Ta'ala agar menerima taubat kita semuanya, dan kita bersyukur kepada saudara kita dengan taubatnya ,dan kita memohon kepada Allah Ta'ala agar mengokohkan diatas taubatnya, wajib atasnya untuk menjaga dirinya dari kemaksiatan tersebut dengan kadar kemampuannya, akan tetapi apabila ia terkalahkan oleh kemaksiatannya kemudian menyesal dan bertaubat dengan taubat nashuha, dan bertekad kuat untuk tidak lagi melakukannya dimasa yang akan datang maka sesungguhnya Allah akan menerima taubatnya..

Karena yang demikian itu tidak diragukan lagi telah melampaui batas (kemampuan) dirinya karena adanya gejolak yang kuat untuk melakukan kemaksiatan tersebut, dan sungguh Allah Ta'ala telah berfirman :

 قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Azzumar 53)

Maka kita bersyukur kepada saudara kita dengan apa yang telah Allah anugerahkan kepadanya dari pertaubatannya.

Dan kami menasehatkan kepadanya untuk berpegang kuat dalam menghadapi godaan syaithan dan hawa nafsu serta untuk berusaha tetap bersabar, dalam keadaan apabila ia mengontrol dirinya serta tetap berusaha bersabar niscaya akan mudah atasnya untuk meninggalkan kemaksiatan yang dahulu ia senangi.

Sumber: Silsilatu Al-liqoi Asysyahri / Al-Liqau Asysyahri 44

_____________________
يتوب ثم يقع في المعصية...فماذا يفعل ؟

[ السؤال: ]

فضيلة الشيخ، أنا شاب تبت توبة صادقة -ولله الحمد- ولكن بعد مدة إذ بي أقع في معصية ثم أتوب، ثم أشتاق للمعصية ثم أندم وأتوب.. وهكذا، أفدني جزاك الله خيراً ماذا أفعل مع بداية هذا العام؟

الجواب:

أسأل الله أن يتوب علينا جميعاً، ونهنئ أخانا بالتوبة، ونسأله تعالى أن يثبت عليها. عليه أن يحمي نفسه من هذه المعصية بقدر المستطاع، لكن إذا غلبته نفسه ثم ندم وتاب توبة نصوحاً عازماً على ألا يفعل في المستقبل فإن الله يتوب عليه؛ لأن هذا مسرف على نفسه بلا شك في إصراره على هذه المعصية، وقد قال الله تعالى:

 ﴿قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعاً إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ﴾ [الزمر:53]

 فنحن نهنئ أخانا بما منَّ الله عليه من التوبة، ونوصيه بأن يصمد أمام نزعات الشيطان وهوى النفس، وأن يتصبر، وهو إذا عسف نفسه وتصبر هان عليه ترك المعصية التي كان يألفها من قبل.

المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [44]


رابط المقطع الصوتي

Unduh Audio (Durasi 01:21)

✒ Alih Bahasa: Abu 'Alifah Ayyub Balikpapan حفظه الله -[FBF 4]

__________________
مجموعـــــة توزيع الفـــــــوائد
WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan