Ruh-Ruh Itu Bagaikan Pasukan Yang Tersusun

::: RUH-RUH ITU BAGAIKAN PASUKAN YANG TERSUSUN :::

Oleh: Al-Lajnah Daimah Lil Buhuts Al-'Ilmiyyah Wal Ifta

✹✹✹

Pertanyaan pertama dari fatwa no (15129)

Pertanyaan 1:
Mengharapkan penjabaran hadits yang mulia: "ruh-ruh bagaikan pasukan yang tersusun..hingga akhir hadits.

Jawaban 1:
Telah shahih dari hadits Abu Huroiroh Rodhiallohu 'anhu bahwa Rosululloh Shollallohu 'Alaihi Wasallam bersabda:

 «الأرواحُ جنودٌ مجنَّدةٌ . فما تعارف منها ائتَلَف . وما تناكَر منها اختلف» رواه البخاري ومسلم.

"Ruh-ruh bagaikan tentara yang tersusun. Jika saling mengenal maka akan bersatu, dan jika saling mengingkari maka akan berpisah". [HR. Bukhori-Muslim]

Hadits ini dijelaskan oleh Nabi terpilih Shollallohu 'Alaihi Wasallam padanya bahwa ruh-ruh para makhluk yang bersatu dan bercerai laksana ruh-ruh yang tersusun apabila saling berhadapan dan saling berjumpa, dan yang demikian berdasarkan apa yang telah ditetapkan padanya dari kebahagian dan kesengsaraan, dan jasad-jasad yang padanya ada ruh-ruh akan saling berjumpa di dunia sehingga akan bersatu dan bercerai sesuai dengan apa yang telah ditetapkan padanya baik saling mengenal atau saling mengingkari, sehingga Anda dapat lihat jiwa yang derma lagi baik akan cinta kepada yang semisalnya dan akan condong kepadanya, sedangkan yang jahat akan berkawan dengan yang sejenis dan akan condong kepadanya serta akan menjauh dari setiap yang berlawanan dengannya.

Dan dinukilkan di dalam "Al-Fath" (juz 3, Hal: 199) dari Al-Khoththobi bahwa beliau berkata:

Boleh jadi bermakna isyarat atas kesamaan dalam kebaikan dan kejelekan serta perbaikan dan kerusakan, dan bahwasanya manusia yang baik akan rindu kepada jenisnya sedangkan yang jelek semisal itu pula akan condong kepada yang sejenisnya, para ruh akan saling mengenal sehingga hinggap sesuai dengan tabiat yang telah diciptakan di atasnya dari kebaikan maupun kejelekan, maka apabila telah cocok akan saling mengenal, dan APABILA BERBEDA MAKA AKAN SALING MENGINGKARI .

وبالله التوفيق، وصلى الله نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Hanya kepada Alloh kita memohon taufiq-Nya, sholawat dan salam berlimpahkan kepada Nabi kita Muhammad dan keluarganya beserta para sahabatnya.

                        ------

السؤال الأول من الفتوى رقم ( 15129 )

س1: الرجاء شرح الحديث الشريف:  الأرواح جنود مجندة  إلخ الحديث.

ج 1: ثبت من حديث أبي هريرة رضي الله عنه: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:  الأرواح جنود مجندة، فما تعارف منها ائتلف، وما تناكر منها اختلف  رواه البخاري ومسلم .
هذا الحديث بيَّن فيه المصطفى صلى الله عليه وسلم أن الأرواح مخلوقة على الائتلاف، والاختلاف كالجنود المجندة إذا تقابلت وتواجهت، وذلك على ما جعلها عليه من السعادة والشقاوة، والأجساد التي فيها الأرواح تلتقي في الدنيا فتأتلف وتختلف على حسب ما جُعلت عليه من التشاكل والتناكر، فترى البَر الخيِّر يحب مثله ويميل إليه، والفاجر يألف شكله ويميل إليه وينفر كل عن ضده.
ونقل في ( الفتح ) عن الخطابي أنه قال: يحتمل أن يكون إشارة
(الجزء رقم : 3، الصفحة رقم: 199)

على معنى التشاكل في الخير والشر والصلاح والفساد، وأن الخير من الناس يحن إلى شكله والشرير نظير ذلك يميل إلى نظيره، فتعارف الأرواح يقع بحسب الطباع التي جُبلت عليها من خير وشر، فإذا اتفقت تعارفت، وإذا اختلفت تناكرت.
وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

✲✲✲

Sumber artikel: http://bit.ly/18JqTRo

✒ Alih Bahasa: Al-Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh حفظه الله - [FBF 2]

___________________
مجموعــــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan