Dan Tidak Ada Seorang Pun Diantara Kamu Yang Tidak Mendatanginya (Neraka)

::: DAN TIDAK ADA SEORANG PUN DIANTARA KAMU YANG TIDAK MENDATANGINYA (NERAKA) :::

Oleh: Asy-Syaikh Al-'Allamah Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin رحمه الله

✹✹✹

PERTANYAAN:
Bagaimanakah maksud firman Allah Subhanahu Wata’ala,

وَإِن مِّنكُمْ إِلَّا وَارِدُهَا ۚ كَانَ عَلَىٰ رَبِّكَ حَتْمًا مَّقْضِيًّا

Dan tidak ada seorang pun di antara kamu yang tidak mendatanginya (neraka). Hal itu bagi Rabbmu adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan. {QS. Maryam Ayat 71}

Apakah yang dimaksud ayat tersebut bahwa orang muslim, orang kafir yang durhaka dan orang-orang sholih akan berjalan melewati SHIROT (jalan) di atas Jahannam?

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan..

AL-JAWAB :
Adapun Ash-Shiroth tidak akan ada yang dapat melewatinya selain orang-orang mukmin. Sementara orang-orang kafir mereka akan digiring ke AN-NAAR (Neraka) -Semoga Allah melindungi kita dari siksanya- pada satu tempat di hari kiamat sekaligus.

Dan adapun orang mukmin mereka akan naik berjalan melewati Ash-Shiroth menuju al jannah. Dan kecepatan perjalanan mereka tergantung kepada amalan-amalannya dahulu.

ومنهم من يخدش ويلقى في جهنم ويعذب بقدر ذنوبه حسب ما أراد الله عز وجل ثم يخرج

Dan diantara mereka melelewatinya ada yang tergelincir dan terhempas jatuh ke dalam jurang Jahannam dan mendapatkan siksaan sesuai dengan dosa-dosa yang pernah dilakukannya. (dia menanggung siksaan tersebut) selama kurun waktu yang Allah kehendaki kemudian Allah 'Azza Wajalla akan mengeluarkannya kembali.

Sumber: Silsilah Al-Liqo Asy-Syahriy > Al-Liqo Asy-Syahriy [69]

------

تفسير قوله تعالى: ( وَإِنْ مِنْكُمْ إِلاَّ وَارِدُهَا )

السؤال :

ما هو تفسير قوله تعالى: ﴿وَإِنْ مِنْكُمْ إِلاَّ وَارِدُهَا كَانَ عَلَى رَبِّكَ حَتْماً مَقْضِيّاً﴾ [مريم:71] هل المعنى: أن المسلم والكافر والفاجر والصالح سيمرون على جهنم؟ وجزاكم الله كل خير.

الجواب:

أما على الصراط فلا يمر إلا المؤمنون، والكفار يساقون إلى النار -والعياذ بالله- في عرصات القيامة ورداً، وأما المؤمنون فهم يصعدون على الصراط إلى الجنة، ثم يصعدون عليه على قدر أعمالهم في السرعة، ومنهم من يخدش ويلقى في جهنم ويعذب بقدر ذنوبه حسب ما أراد الله عز وجل ثم يخرج.

المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [69]

✲✲✲

رابط المقطع الصوتي

Unduh Audio (durasi 00:49)

✒ Alih Bahasa: Al-Ustadz Rosyid Hamdani Bandung حفظه الله - [FBF 1]

__________________
مجموعــــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan