Apakah Dipersyatatkan Iqomatul Hujjah Di Dalam Menggunakan Kata Ikhwani Atas Orang Yang Bergabung Ke Dalam Partai Mereka?

::: APAKAH DIPERSYATATKAN IQOMATUL HUJJAH DI DALAM MENGGUNAKAN KATA IKHWANI ATAS ORANG YANG BERGABUNG KE DALAM PARTAI MEREKA? :::

Oleh: Al-Walid Al-'Allamah Asy-Syaikh Rabi' bin Hadiy Al-Madkhaliy حفظه الله

✹✹✹

PERTANYAAN:

Apakah dipersyaratkan iqomatul hujjah (ditegakkannya hujjah) di dalam menggunakan kata ikhwani atas orang yang bergabung ke dalam golongan (partai) mereka?

JAWABAN:
Demi Alloh jika dia bergabung ke dalam golongan mereka maka dia termasuk dari mereka,

المرء مع من أحب

Seseorang bersama orang yang dia cintai,

و الأرواح جنود مجندة ما تعارف منها ائتلف وما تناكر منها اختلف

Dan "ruh-ruh bagaikan pasukan yang tersusun, jika saling mengenal maka akan bersatu, dan jika saling mengingkari maka akan berpisah", Disekitar kita ada orang-orang yang berada di atas jalan yang lurus dan disekitar kita ada orang-orang  yang menyimpang meninggalkan orang-orang yang istiqomah (lurus) dan pergi bersama orang yang menyimpang maka apa yang akan dikatakan tentangnya?

Bagaimana pun, dia dinasehati dengan kelembutan serta dijelaskan kepadanya, maka apabila dia telah keluar dari lingkungan Ikhwanul Muslimin maka -Alhamdulillah-, Dan jika tidak maka sama saja apakah kita berbicara dengannya atau kita tidak berbicara dengannya maka dia TERMASUK DARI MEREKA, Maksudnya barokallohu fikum -yakni- kaum salaf mereka pergi menemui para pengikut Khowarij dan Rofidhoh serta Mu'tazilah satu satu dan mereka tidak menggunakan padanya lafazh Khoriji atau Rofidhi kecuali apabila mereka telah menegakkan hujjah kepadanya?!

Ini bersama Rofidhoh Anda katakan padanya Rofidhi dan ini menisbatkan diri kepada Shufiyyah turut serta bersama mereka dalam acara maulid dan ikut serta bersama mereka...dan ikut serta bersama mereka...dan dia orang awam maka dia termasuk dari bagian mereka, Ikhwanul Muslimin turut serta bersama mereka (kaum Shufiyyah, pent) di dalam tarian mereka dan turut serta dalam mencela para ulama dan ikut serta dalam berbagai bencana dan kesesatan mengkafirkan penguasa dan fitnah dan fitnah menelan hal-hal ini semua dan terkait dengan mereka MAKA DIA TERMASUK BAGIAN DARI MEREKA, dan Anda jika mampu untuk menegakkan hujjah padanya maka jelaskan kepadanya, hingga orang yang berkecimpung dalam Ikhwanul Muslimin maka jelaskan kepadanya,

لكن لك أن تطلق عليه إخواني

Akan tetapi BOLEH bagi Anda untuk menyebutnya sebagai IKHWANI, dia lah yang telah menjadikannya halal bagi dirinya, dia ridho dari dirinya sendiri untuk menjadi seorang Ikhwani, orang yang ridho bergabung dengan Jamaah Tabligh maka dia Tablighi, bagaimana Anda tidak boleh mengatakan dia Tablighi atau Anda sebut dia Ikhwani?

[Kaset berjudul : Ar-Rodd 'Ala Ahlil Bida' Jihad (Membantah ahli bid'ah adalah jihad).

------

السؤال:

هل يشترط إقامة الحجة في إطلاق كلمة إخواني على من انخرط في حزبهم؟

الجواب

والله إذا انخرط في حزبهم فهو منهم، المرء مع من أحب، و"الأرواح جنود مجندة ما تعارف منها ائتلف وما تناكر منها اختلف"، عندنا ناس على الطريق المستقيم وعندنا ناس منحرفين يترك المستقيمين ويذهب عند المنحرفين ماذا يقال فيه؟ على كل حال، ينصح، وباللطف ويبين له، فإذا خرج من حضيرة الإخوان فالحمد لله، وإلا سواء كلمناه أو ما كلمناه فهو منهم، أي بارك الله فيكم -يعني- كان السلف يذهبون لأتباع الخوارج والروافض والمعتزلة واحد واحد ولا يطلقون عليه لفظ خارجي أو رافضي إلا إذا أقاموا عليه الحجة؟! هذا مع الروافض تقول عليه رافضي وهذا منتمي للصوفية يشاركهم في الموالد ويشاركهم... ويشاركهم...ويكون عاميا فهو منهم، الإخوان يشاركهم في الرقص يشاركهم في سب العلماء يشاركهم في بلايا وضلالات تكفير الحكام وفتن وفتن تشرب هذه الأشياء ويتعلق فيهم هو منهم، وأنت إذا استطعت أن تقيم عليه الحجة بيّن له، حتى الذي مضى في الإخوانية بين له، لكن لك أن تطلق عليه إخواني، هو حللها لنفسه، هو راض من نفسه أن يكون إخواني، راض أن يكون من التبليغ فهو تبليغي، كيف ما تقول تبليغي أو تقول إخواني؟

[شريط بعنوان: الرد على أهل البدع جهاد]

Sumber artikel: http://www.rabee.net/ar/questions.php?cat=26&id=622

✒ Alih Bahasa: Al-Ustadz Muhammad Sholehuddin Abu 'Abduh حفظه الله - [FBF 2]

__________________
مجموعــــــة توزيع الفـــــــوائد
❂ WA Forum Berbagi Faidah [FBF]

Ulasan